aRtmGj9nYCRgAUanjInMp3gEbQOqXBW58gLhi6IP

Cari Blog Ini

Pages

Resensi Buku



RESENSI BUKU
PENDIDIKAN ISLAM TERPADU
REFORMULASI PENDIDIKAN DI ERA GLOBAL
UNTUK MEMENUHI TUGAS OPAK’12
DISUSUN OLEH :
MAHRUS ALI
NIM. 12470103


KEPENDIDIKAN ISLAM – FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

RESENSI
Judul               : Pendidikan Islam Terpadu
                                      Reformulasi Pendidikan di Era Global
Penulis            : Mukodi, M.SI.
Penerbi            : Aura Pustaka
Cetakan          : Ke 2 November 2011
Harga              : Rp. 20.000,-
Tebal               : 169 halaman
E - mail           : aura_pustaka@yahoo.com

PENDIDIKAN ISLAM TERPADU
Reformulasi Pendidikan Di Era Global
Pada zaman sekarang ini khususnya pada era global banyak sekali kita jumpai instansi-instansi pendidikan yang sangat bagus yang sering kita jumpai disepanjang lintasan kota, baik itu dari mulai sekolah Tingkat Dasar (SD), Tingkat Menengah Pertama (SMP), sampai Tingkat Menengah Atas( SMA) dan itu jumlahnya pun sudah tidak sedikit sudah banyak dan tersebar dimana-mana.
Namun diantara sekian banyak sekolah yang berdiri tegak disepanjang lintasan kota, pada pendidikan di era global ini juga sudah banyak terdapat sekolah-sekolah pendidikan islam terpadu yang berdiri disepanjang lintasan kota dan sudah menjamur dimana-mana, dari mulai Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT), Sekolah Menengah Islam Terpadu (SMPIT), sampai pada Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT). Bahkan keterpaduan pandidikan islam pun sudah merambat pada tingkat pendidikan perguruan tinggi, dan sekolah-sekolah islam terpadu ini bertujuan untuk mencetak generasi-generasi penerus bangsa yang tidak hanya cerdas dalam berintelektual dan kreatif tapi juga mencetak generasi-generasi yang religius atau islami yang paham betul syariat-syariat islam dan juga dapat mengamalkannya suatu hari nanti pada kehidupan bermasyakat berbangsa dan bernegara.
Pada era global ini pendidikan islam terpadu bukan sekedar manjadi trend dan juga mode pilihan orang tua masa kini, tetapi esensi terdalam darinya, adalah menyuguhkan model pendidikan islam alternatif. Dengan demikian meretasnya pendidikan islam terpadu , baik berupa lembaga pendidikan formal, maupun pendidikan nonformal merupakan ide brilian dan juga usaha kreatif anak bangsa dalam menyikapi arus globalisasi.
Pendidikan islam terpadu pun sangat berperan penting dalam pembinaan mental remaja atau generasi muda yang akhir-akhir ini menelan fenomena dan gejala sosial masyarakat kita dari hari kehari yang tidak berbudaya dan juga menyimpang dari tatanan syariat islam karena terbius oleh propaganda sesat yang sengaja ditiupkan oleh kaum salibis, zionis dan juga orentalis yang sengaja ingin merusak generasi-generasi muda bangsa indonesia khususnya generasi muda umat islam, dengan berbagai produk, film, kebudayaan yang mengumbar hawa nafsu yang berkiblat pada fatwa-fatwa setan.
Generasi muda adalah calon pemimpin-pemimpin dimasa yang akan mendatang, oleh karena itu keberadaan mereka harus dipersiapkan sedini mungkin mengenai pengetahuannya, agamanya, dan akhlaqnya supaya mereka menjadi generasi yang cerdas, tangguh yang punya komitmen terhadap aqidahnya, agar tidak menjadi generasi yang  pengecut dan hanya menjadi sampah masyarkat dikemudian hari. Sebab apabila mereka tidak dipersiapkan maka jangan berharap bangsa indonesia dan juga agama ini akan maju dimasa akan mendatang. 
Oleh sebab itu mengingat betapa penting kependidikan islam terpadu di era gliobal ini maka dibutuhkan upaya nyata dari manusia dewasa (para orang tua dan masyarakat) untuk mewujudkannya. Dengan cara menciptakan pendidikan anak yang islami mulai dari pendidikan usia dini dirumah, pendidikan formal disekolah, hingga pendidikan informal dimasyarakat secara simultan.
Selanjutnya mengenai setiap karangan buku, khususnya karangan buku Pendidikan Islam Terpadu ini pasti didalamnya ada kelebihannya dan ada juga kekurangannya. Diantara kekurangannya itu adalah masih banyak menggunakan kata-kata atau pun bahasa yang sering kali sulit dimengerti ataupun dipahami oleh pembaca, khususnya pada sebagian orang tua, karena tidak semua orang tua pernah mengenyam pendidikan khusunya pendidikan yang lebih tinggi dari mulai Pendidikan Tingkat Menengah Atas apalagi sampai pada tingkat Pendidikan Perguruan Tinggi.
Oleh karena itu, sebaiknya bahasa atau kata-kata yang digunakan dalam buku ini lebih baik menggunakan kata-kata yang sederhana yang lebih mudah dimengerti oleh semua kalangan dari mulai anak-anak, remaja, hingga tingkat dewasa.
Mengenai kelebihan yang dimiliki buku ini adalah membuka jalan bagi masyarakat khususnya bagi para orang tua untuk lebih mengetahui tentang keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh keterpaduan pendidikan islam di era globalisasi ini yang didalamnya sangat penting untuk pendidikan-pendidikan generasi muda khususnya di negeri indonesia ini. Yang pastinya bertujuan untuk memndidik para generasi yang lebih berintelektual, kreatif, berbudaya dan juga tidak lepas dari nilai-nilai religius atau islami.
Semoga dengan hadirnya buku ini para pembaca bisa mencerna dengan sebaik-baiknya tentang isi yang terkandung didalam buku ini dan juga tujuan yang ingin dicapai oleh buku ini, mudah-mudahan dengan hadirnya buku ini pula dapat memberikan pencerahan pada dunia pendidikan khususnya bagi generasi muda penerus bangsa dinegeri indonesia .





Related Posts

Related Posts

Posting Komentar