aRtmGj9nYCRgAUanjInMp3gEbQOqXBW58gLhi6IP

Cari Blog Ini

Pages

MAKALAH MICROSOFT PERUSAHAAN SOFTWARE YANG PALING MENDOMINASI


MAKALAH
 PERILAKU DAN BUDAYA ORGANISASI
MICROSOFT
PERUSAHAAN SOFTWARE YANG PALING MENDOMINASI

Disusun oleh :
Latifah Na’maika                    12490115
Istijabah                                  12490116
Irva’ Darojat                           12490117
                                                  Atik Mar’atus Solihah              12490118

MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
2013


BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Microsoft Corporation  adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat, yang mengembangkan, membuat, memberi lisensi, dan mendukung beragam produk dan jasa terkait dengan komputer.[1] Perusahaan ini didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tanggal 4 April 1975.
Microsoft merupakan salah satu perusahaan paling bernilai di dunia. Merupakan pembuat perangkat lunak terbesar di dunia menurut pendapatannya. Perusahan ini berhasil mendominasi pasar sistem operasi komputer pribadi dengan MS-DOS-nya pada pertengahan 1980-an, diikuti dengan jajaran sistem operasi Microsoft Windows. Penawaran umum perdana Microsoft tahun 1986, dan kenaikan tajam harga sahamnya, menciptakan tiga miliuner dan 12.000 jutawan di kalangan karyawan Microsoft. Sejak 1990-an, perusahaan ini semakin terdiversifikasi dari pasar sistem operasi dan telah melakukan sejumlah akuisisi perusahaan. Pada bulan Mei 2011, Microsoft membeli Skype Technologies senilai $8,5 miliar dan menjadi akuisisi termahal sepanjang sejarah Microsoft.
Tahun 2012, Microsoft adalah pendominasi pasar sistem operasi PC dan pasar perangkat lunak perkantoran (bersama Microsoft Office). Perusahaan ini juga memproduksi serangkaian perangkat lunak untuk desktop dan server, dan aktif di sejumlah bidang seperti pencarian Internet (Bing), industri permainan video (konsol Xbox dan Xbox 360), pasar layanan digital (MSN), dan telepon genggam (Windows Phone OS). Bulan Juni 2012, Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan memasuki pasar vendor PC untuk pertama kalinya melalui peluncuran komputer tablet Microsoft Surface.
Pada tahun 1990-an, para kritikus mulai menuduh bahwa Microsoft menjalankan praktik bisnis monopolistik dan strategi anti-persaingan, termasuk penolakan persetujuan dan pengikatan, membuat batasan yang tidak masuk akal dalam penggunaan perangkat lunaknya, dan melakukan taktik pemasaran yang tidak representative, baik Departemen Kehakiman AS dan Komisi Eropa menyatakan perusahaan ini melanggar hukum antitrust.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Sejarah Microsoft[2]
1.      Sejarah awal
                        Paul Allen dan Bill Gates tanggal 19 Oktober 1981 menangani kontrak penting dengan IBM (International Business Machines Corporation) yang merupakan sebuah perusahaan Amerika Serikat yang memproduksi dan menjual perangkat keras dan perangkat lunak computer[3] untuk meminta bahasa pemrograman untuk jajaran PC mereka selanjutnya, setelah negosiasi dengan perusahaan lain gagal, IBM memberikan Microsoft kontrak untuk mengembangkan OS untuk jajaran baru PC mereka.
                        Paul Allen dan Bill Gates secara resmi mendirikan Microsoft tanggal 4 April 1975 dan mengangkat Gates sebagai CEO. Allen mencetuskan nama "Micro-Soft", seperti yang dikatakan dalam artikel majalah Fortune tahun 1995.
                        Microsoft memasuki bisnis SO (sistem operasi) pada bulan 1980 dengan Unix versinya sendiri bernama Xenix. Setelah negosiasi dengan Digital Research gagal, IBM menyetujui kontrak dengan Microsoft pada bulan November 1980 untuk menyediakan versi CP/M OS, yang akan dipakai di jajaran IBM Personal Computer (IBM PC) mendatang. Untuk persetujuan ini, Microsoft membeli tiruan CP/M bernama 86-DOS dari Seattle Computer Products, mengganti namanya menjadi MS-DOS, yang diganti lagi oleh IBM menjadi PC-DOS. Setelah peluncuran IBM PC bulan Agustus 1981, Microsoft mendapatkan kepemilikan MS-DOS. Karena berbagai faktor, seperti pilihan perangkat lunak MS-DOS yang tersedia, Microsoft langsung menjadi vendor sistem operasi PC terdepan pada masanya. Perusahaan ini memperluas diri ke pasar-pasar baru melalui peluncuran Microsoft Mouse tahun 1983, serta divisi penerbitan bernama Microsoft Press. Paul Allen mengundurkan diri dari Microsoft bulan Februari setelah dinyatakan terserang penyakit Hodgkin.

2.      1984–1994: Windows dan Office

                        Saat mengembangkan SO baru bersama IBM tahun 1984, OS/2, Microsoft meluncurkan Microsoft Windows, sebuah ekstensi grafis untuk MS-DOS, tanggal 20 November. Pada tanggal 13 Maret, Microsoft menjadi perusahaan umum, kenaikan tajam harga saham berhasil menciptakan empat miliuner dan 12.000 jutawan dari kalangan karyawan Microsoft sendiri. Setelah Microsoft memberitahu IBM tentang windows NT, kemitraan OS/2 berakhir.
                        Microsoft memperkenalkan perangkat lunak perkantorannya, Microsoft Office, tahun 1990. Perangkat lunak ini terdiri dari beberapa aplikasi produktivitas kantor, seperti Microsoft Word dan Microsoft Excel. Baik Office dan Windows menjadi produk pendominasi di bidangnya masing-masing Novell, pesaing Word .
3.      1995–2005: Internet dan era 32-bit
                        Setelah "memo Internet Tidal Wave" internal Bill Gates tanggal 26 Mei 1995, Microsoft mulai merancang ulang penawarannya dan memperluas jajaran produknya ke jaringan komputer dan World Wide Web. Perusahaan ini merilis Windows 95 tanggal 24 Agustus 1995, yang keluar lengkap dengan layanan daring MSN, dan peramban web Internet Explorer.
                        Tanggal 13 Januari 2000, Bill Gates menyerahkan jabatan CEO kepada Steve Ballmer, teman lama Gates di perguruan tinggi dan karyawan perusahan ini sejak 1980, dan menciptakan jabatan baru untuk dirinya sebagai Kepala Arsitek Perangkat Lunak. Microsoft merilis Windows XP, sehinnga menyatukan arus utama dan jajaran NT di bawah basis kode NT. Perusahaan ini meluncurkan Xbox pada akhir tahun 2000, menandakan masuknya Microsoft ke pasar konsol permainan yang selama ini didominasi Sony dan Nintendo. Pada bulan Maret 2004 microsoft corporation memproduksi versi baru Windows XP tanpa Windows Media Player, Windows XP Home Edition N dan Windows XP Professional N.

4.      2006–2010: Windows Vista, telepon genggam, SaaS, Yammer

                        Dirilis bulan Januari 2007, versi Windows selanjutnya, Windows Vista, berfokus pada fitur, keamanan, dan antarmuka pengguna baru yang dijuluki Aero. Microsoft Office 2007, dirilis pada saat yang sama, menampilkan antarmuka pengguna "Ribbon" yang menjadi perubahan terbesar dari versi sebelumnya. Penjualan kedua produk yang relatif kuat membantu menciptakan rekor laba tahun 2007.
                        Bill Gates mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Kepala Arsitek Perangkat Lunak pada 27 Juni 2008 dan memegang jabatan lain di Microsoft selain menjadi penasihat perusahaan pada proyek-proyek utama. Azure Services Platform, tanda masuknya Microsoft ke pasar komputasi awan untuk Windows, diluncurkan tanggal 27 Oktober 2008. Pada 12 Februari 2009, Microsoft mengumumkan keinginannya untuk membuka jaringan toko ritel bermerek Microsoft, dan pada 22 Oktober 2009, Microsoft Store pertama dibuka di Scottsdale, Arizona; hari yang sama dengan peluncuran resmi Windows 7.
                        Seiring ledakan industri telepon cerdas yang dimulai tahun 2007, Microsoft berusaha sejajar dengan pesaingnya, Apple dan Google, dalam penyediaan sistem operasi telepon cerdas modern. Microsoft merombak sistem operasi telepon genggamnya yang sudah tua dan menggantinya dengan Windows Phone OS yang baru dan terus bekerja sama dengan manufaktur telepon genggam seperti Nokia dan menyediakan pengalaman pengguna yang konsisten di semua telepon cerdas yang memakai Windows Phone OS.

5.      2011-sekarang: Telepon genggam dan Metro
                        Setelah peluncuran Windows Phone 7, Microsoft perlahan melakukan pencitraan ulang seluruh jajaran produknya antara 2011 dan 2012. Logo, produk, layanan, dan situs web diperbarui dengan fitur indah bahasa desain Metro.
                        Tanggal 31 Mei 2012, Microsoft merilis versi pratinjau perangkat lunak Windows 8 generasi selanjutnya. Perangkat lunak ini dirancang untuk beragam peralatan mulaidari tablet hingga komputer meja.
B.    Divisi Produk[4]
                        Beberapa produk yang dihasilkan oleh microsoft corporation adalah sebagai berikut:
·         Windows 8
·         Microsoft SQL Server 2012 Enterprise Edition, Perangkat data berkekuatan penuh untuk profesional TI
·         Microsoft SQL Server 2012 Business Intelligence Edition, Perangkat data berkekuatan penuh untuk profesional TI
·         SharePoint, Layanan membuat situs untuk berbagi dokumen dan informasi.
·         Microsoft Office, Industri-perangkat produktivitas bisnis terkemuka
·         Exchange, Bisnis-surat elektronik terkonstruksi, kalender dan daftar kontak untuk PC, telepon dan penjelajah Internet
·         Lync, Komunikasi melalui suara antarorang (orang ke orang), video dan pesan instan secara real-time
·         Microsoft Office 365, Web berbasis Microsoft Exchange, SharePoint dan Lync, tersedia di dalam Awan selama sebulan pembayaran
·         Microsoft Project, Membawa manajemen proyek ke tingkat berikutnya
·         Microsoft Visio, Membawa pembuatan diagram ke tingkat baru dengan dinamis, perangkat visualisasi pengaturan data dan model, meningkatkan proses kemampuan manajemen, dan berbagi web yang lebih maju.
·         Microsoft Desktop Virtualization, Mengakses secara virtual aplikasi apapun dan lingkungan mana pun, sementara menjaga pengalaman personalisasi Anda
·         Windows Intune, Mempertahankan manajemen PC Anda secara sederhana dan aman dengan menggunakan layanan Cloud dan Windows 7
·         Windows Phone, Membawa orang secara bersamaan seperti belum pernah terjadi sebelumny
·         Microsoft System Center, Mengatur lingkungan virtualisasi dan Awan yang memungkinkan Anda untuk memberikan fleksibilitas, infrastruktur sebagai layanan (IaaS) berbiaya efektif
·         Windows Server 2012, Solusi virtualisasi yang ringkas, dapat diandalkan, berbiaya efektif dan optimal
·         Microsoft Dynamics AX 2012, Solusi ERP lengkap untuk konsumen Enterprise
·         Microsoft Dynamcis CRM, Solusi manajemen relasi konsumen
·         Windows Azure, Membangun, buat jaringan dan skala aplikasi di dalam datacenter Microsoft pada kode .net, uji, komandokan dan tempatkan dalam satu lingkungan
C.    Perilaku dan budaya kerja
            Microsoft dikenal sebagai contoh learning oganization yang murni. Microsoft berpegang pada lima learning diciplines yang  diidentifikasikan oleh peter senge- seorang profesor di      massachusetts institude of technology dan pengarang buku fifth dicipline (1990). Kelima disiplin ini digambarkan sebagai dasar dari “pekerjaan learning organization” yaitu:[5]
·               Personal Mastery (Kemampuan Pribadi).
Para karyawan diharapkan mengembangkan kapasitas pribadi mereka untuk mencapai tujuan mereka sendiri, dan tujuan perusahaan,  yang pada gilirannya diatur untuk mendukung usaha pribadi tersebut.
·                Mental Models (Model Mental).
Mengembangkan “cara berpikir” yang benar untuk mengendalikan tindakan dan keputusan.
·               Shared Vision (Visi Bersama)
Komitmen dari semua anggota terhadap tujuan organisasi dan cara untuk mencapai tujuan tersebut
·               Team Learning (Pembelajaran Kelompok).
Mengeksploitasi kenyataan bahwa hasil pemikiran keelompok lebih besar ketimbang jumlah total dari pemikiran perorangan
·               System Thinking (Pemikiran Sistem)
Betindak dengan dasar pemahaman bahwa tindakan dan keputasan tidak dapat berdiri sendiri, tetapi mempunyai implikasi dalam perusahaan secara keseluruhan.


KESIMPULAN
Microsoft merupakan salah satu perusahaan paling bernilai di dunia. Merupakan pembuat perangkat lunak terbesar di dunia menurut pendapatannya. Perusahan ini berhasil mendominasi pasar sistem operasi komputer pribadi dengan MS-DOS-nya pada pertengahan 1980-an, diikuti dengan jajaran sistem operasi Microsoft Windows. Penawaran umum perdana Microsoft tahun 1986, dan kenaikan tajam harga sahamnya, menciptakan tiga miliuner dan 12.000 jutawan di kalangan karyawan Microsoft. Sejak 1990-an, perusahaan ini semakin terdiversifikasi dari pasar sistem operasi dan telah melakukan sejumlah akuisisi perusahaan. Pada bulan Mei 2011, Microsoft membeli Skype Technologies senilai $8,5 miliar dan menjadi akuisisi termahal sepanjang sejarah Microsoft.
Microsoft berpegang pada lima learning diciplines yang diidentifikasikan oleh peter senge- seorang profesor di massachusetts institude of technology dan pengarang buku fifth dicipline (1990). Kelima disiplin ini digambarkan sebagai dasar dari “pekerjaan learning organization” yaitu:
·               Personal Mastery (Kemampuan Pribadi).
·               Mental Models (Model Mental).
·               Shared Vision (Visi Bersama)
·               Team Learning (Pembelajaran Kelompok).
·               System Thinking (Pemikiran Sistem)

DAFTAR PUSTAKA
Heller,Robert.2008.Serial  Maestro Bisnis : Bill Gate .Jakarta:Esensi

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar