aRtmGj9nYCRgAUanjInMp3gEbQOqXBW58gLhi6IP

Cari Blog Ini

Pages

Resensi Buku Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran






  Judul buku        : Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran
Penulis             : Prof. Dr. H. Hamzah B. Uno. M.Pd. dan Hj. Nina Lamatenggo, S.E., M.P.d.
Penerbit           :PT. Bumi Askara Jl. Sawo Raya No. 18 Jakarta 13220
Tahun terbit     : Juni 2011
Cetakan           :Kedua
Tebal buku      :xiv , 238. ;23 cm


Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran
T
eknologi komunikasi dan informasi pendidikan atau pembelajaran merupakan salah satu bidang ilmu yang merupakan terapan dari komunikasi dengan memadukan teori psikologis dan pendidikan/pembelajaran. Bidang ilmu ini merupakan hal yang baru berkembang seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Dalam kehidupan kita sehari-hari, tampak bahwa perkembangan teknologi informasi sudah tidak linier lagi, terjadi lompatan yang sulit diprediksi sebelumnya.Hal ini menandakan informasi telah menjadi konsumsi khalayak yang tidak bisa dilewati.Sebab apabila kita melawati informasi dan teknologi yang membawa sejumlah peristiwa itu, kita pati ketinggalan.Hal ini berarti kita ditinggal oleh perkembangan dunia yang mengglobal.

Mengenai globalisasi dan lingkungan teknologi dunia ini kaya dengan keberadaan (diversity) dan keragaman (multiplicity) tentang pandangan bahasa, agama, istiadat, budaya dan sebagainya yang menjadikan kita sebagai mahluk yang unik dalam perkembangannya meskipun kita dalam perbedaan tetapi kita tetap mengalami berbagai kemajuan.Sebagai contoh antar Pulau Jawa dan Sumatra sebenarnya bukan dipisahkan oleh selat sunda melainkan dihubungkan oleh selat sunda.Pandangan modern seperti itu menyebabkan dunia semakin sempit yang didukung oleh perkembangan IPTEK yang begitu cepat, terutama dalam bidang komunikasi dan informasi.Menurut kamus bahasa inggris Longman Dictionary of Contemporary English mengartikan Global sebagai ‘Concerning the whole earth’.Sesuatu yang berkaitan dengan dunia internasional atau seluruh jagad raya.Sesuatu yang dimaksudkan di sini dapat berupa masalah, kejadian, kegiatan atau bahkan sikap.
Globalisasi yang terjadi saat ini dimungkinkan oleh penggunaan media elektronik dalam mengirim dan menerima informasi melalui radio, televisi, dan juga melalui jaringan internet. Efek yang dimungkinkan oleh penggunaan radio dan televisi adalah bahwa ruangan dan waktu menjadi kecil, karena apa yang terjadi dibelahan dunia bagian barat, sudah dapat diketahui di dunia bagian timur satu jam sesudah terjadinya peristiwa itu. Para ahli komunikasi menyebutnya sebagai gejala time-space compression atau menyusutnya ruang dan waktu.
Terjadinya paradigma yang bergeser dalam pendidikan di era globalisasi menjadi sorotan tajam juga dalam bahsan buku ini yang menyatakan bahwa keberadaan teknologi informasi, jaringan internet, dan percepatan aliran informasi menjadi dasar dari pergeseran paradigma khususnya dalam dunia pendidiakan  dan pengetahuan di era informasi mendatang. Keberadaan informasi/internet, akan menambah tekanan yang ada menjadi tekanan dan tantangan yang luar biasa bagi sistem pendidikan di indonesia saat ini. Knowledge dapat diperoleh dengan mudah melalui berbagi website, diskusi mailing list, dan chatting. Pada sisi ekstrem, knowledge tidak lagi berpusat pada guru/ dosen, tidak lagi diperlukan sekolah, tidak lagi diperlukan perguruan tinggi.
Yang selanjutnya pembahasan dalam buku ini adalah mengenai menyusutnya ruang dan waktumelalui penggunaan dan kemajuan teknologi di bidang komunikasi dan transportasi dan multimedia, kontak antar manusia dan pergerakan barang., serta informasi dari satu belahan bumi ke belahan bumi yang lainnya telah berlangsung intensif dan ekstensif. Hubungan antar kawasan itu seolah-olah tidak ada batas lagi sehingga Marshall Mac Muchlahan (Russel L. Ackoff, 1975) menyatakan sebagai dusun global.
Suasana yang sedemikian itulah yang sedang kita alami sekarang dan akan makin berkembang di masa-masa yang akan datang. Dalam kontek keruangan demikian dikembangkan pengertian bagaimana manusia berprilaku (prilaku keruangan), berpindah tempa, bertindak (memanfaatkan atau merusak lingkungan) dan berjuang (mempertahankan diri, merebuut, menguasai) dari satu kawasan ke kawasan lainnya.Selanjutnya prilaku keruangan, gerak dalam jarak dan tindakan manusia itu juga dipengaruhi oleh kemajuan serta penerapan teknologi dibidang komunikasi, transportasi, dan informasi.
Dalam kenyataan praktis konteks ruang dan waktu itu tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Untuk memahami suatu fenomena atau masalah kehidupan secara akurat, harus diketahui di mana fenomena dalam masalah terjadi, kapan fenomena itu berlangsung. Dengan demikian, akan terdapat pemahaman sifat atau kualitas fenomena yang sedang dikaji yang berhubungan dengan ruang dan lokasinya serta dinamikanya sesuai perkembangan waktu. Dari ruangnya dapat dianalisis dari tingkat global, regional, sampai ke tingkat gobal. Sedangkan dari proses waktunya mulai dari masa lampau, sekarang, dan masa yanga akan datang. Tak bisa dipungkiri khususnya dengan penerapan, pengembangan dan penguasaaan teknologi pada masa sekarang ini telah terjadi penyusutan ruang dan waktu.
Selanjutnya bersambung pada terjadinya alih teknologi di era global dalam pembahsan ini dikemukakan bahwa salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki suatu negara adalah kemampuan dalam penguasaan teknologi.Disini dijelaskan bahwa hal-hal yang sangat berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan dalam proses alih teknologi (Ramelan, 2004) adalah :
a.       Kerja sama antara pengalih dan penerima teknologi, yang dilandasi oleh semangat saling menguntungkan.
b.      Persiapan-persiapan secara matang guna mengatasi kendala-kendala yang terjadi di pihak pengalih dan penerima.
c.       Kedua belah pihak harus bersikap bermartabat.
Seiring dengan terjadinya alih teknologi di era globalisasi masalah yang lainnya adalah mengenai timbulnya persoalan moral dalam era global.Secara historis globalisasi berarti meluasnya pengaruh suatu kebudayaan atau agama keseluruh penjuru dunia.Namun konsep dan istilah globalisasi yang digunakan semenjak tahun 1990-an, tidak dapat dipahami berdasarkan pengertian tersebut.Sebab dalam istilah globalisasi saat ini terkandung sejumlah perkembangan terbaru didunia yang ditandai oleh sejumlah besar tendensi sosiologi yang amat kuat, yang tidak dikenal pada masa-masa sebelumya.(Parsok, 2004).
Perkembangan penggunaan multimedia dalam menyebarkan informasi, telah berpengaruh pada tatanan hidup masyarakat dunia, baik sosial budaya maupun sosial psikologis. Arus informasi yang mengglobal yang berdampak pada pergeseran norma dan nilai harus diwaspadai melalui penyaringan oleh norma nilai yang baik yang melekat dalam masyarakat indonesia. Ungkapan Ilmu pengetahuan bebas nilai dan IPTEK menjadi tulang punggung pembangunan serta dengan teknologi apapun dapat dicapai harus disaring dengan kewaspadaan.
Di masyarakat modern norma dan nilai yang tersusun dalam struktur tata tertib, peraturan, hukum dan undang-unfang tertulis ‘hitam diatas putih’. sedangkan pada msyarakat tradisional nilai dan norma tadi hidup dalam alam pikiran mereka sebagai suatu kesepakatan yang tidak hitam diatas putih. namun, keberlakuan nilai, norma,peraturan dan hukum adat lebih terlaksana dengan baik tanpa rekayasa dan pandang bulu. Keberlakuan akhalak moral dan wibawa lebih terjamin apabila dibandingkan dengan yang berlaku pada masyarakat modern.
Keadaan ini sepatutnya menjadi perhatian para praktisi content provider, terutama mereka yang punya atensi dan kapasitas lebih dibidang moral.Untuk menyajikan produk-produk teknologi yang siap diserap dalam aplikasi e-learning bervisi imtaq.Memprihatinkan bila ada pengayaan fitur digital yang miskin dengan nilai-nilai moral.
Jadi kesimpulannya adalah salah satu yang merasakan manfaat akan kehadiran teknologi komunikasi adalah dunia pendidikan. Pendidikan menggunakan media teknologi komunikasi sebagai media pembelajaran, serta meningkatkan kapasitas pengajar dan peserta didik untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Sebagai media pembelajaran, teknologi komunikasi memiliki fungsi yang banyak.Teknologi komunikasi bisa berfungsi sebagai pusat informasi peserta didik sehingga mereka tidak hanya bergantung kepada pengajar untuk meningkatkan keilmuannya.Bahkan pengajar bisa mentransfer ilmunya kepada peserta didikanya tanpa harus hadir diruang kelas.Selain itu, saat ini guru pun dituntut untuk memahami seputar teknologi komunikasi karena materi itu sudah masuk dalam kurikulum dari jenjang SD sampai dengan SMA.Karena itulah, pengetahuan teknologi komunikasi cukup penting keberadaannya dalam dunia pendidikan.
Untuk menjawab tantangan dan kebutuhan akan pengetahuan teknologi komunikasi dalam dunia pedidikan, Buku Teknologi Komunikasi Dan Informasi Pembelajaran ini dapat menjadi acuannya. Buku ini sangat bagus karena memuat sejarah perkembangan teknologi, teknologi pendidikan sebagai konstruk teori, perkembangan teknologi dalam pendidikan, perkembangan teknologi informasi, perkembangan indusri teknologi  komunikasi pembelajaran dan lain sebagainya. Dengan paparan fakta yang emnopiris pembaca dengan mudah memahami isi buku ini.
Selain itu relevansi buku ini dengan dunia pendidikan cukup besar tetapi ada beberapa kelemahan dari buku ini yang saya analisis yaitu mengenai sampul buku yang terlihat kurang menarik masih banyak gambar-gambar yang kurang dimengerti dibeberapa bagian halaman dari buku ini dan juga terdapat beberapa rumus-rumus yang sangat rumit untuk dipahami dan sebaiknya lebih disederhanakan lagi.
Mengenai kekurangan yang telah dipaparkan mengenai beberapa yang terdapat dalam isi buku itu mungkin masih dalam konteks yang wajar karena mungkin cetakan-cetakan yang kedua ini masih berlanjut pada cetakan yang selanjutnya yang bisa lebih baik dan menarik untuk baca dan juga menarik untuk dimiliki oleh setiap mahasiswa, guru, dosen yang mendalami pendidikan ataupun yang bersinggungan dengan dunia pendidikan. Namun buku ini juga bisa digunakan masyarakat umum yang tertarik pada kompleksitas dan isu-isu terbaru seputar teknologi komunikasi pendidikan yang khususnya berada dilingkungan sekitar masyarakat dan lebih umumnya yang berada diseluruh indonesia.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar