RESENSI BUKU
PENDIDIKAN ISLAM TERPADU
REFORMULASI PENDIDIKAN DI ERA GLOBAL
UNTUK
MEMENUHI TUGAS OPAK’12
DISUSUN
OLEH :
MAHRUS ALI
NIM. 12470103
KEPENDIDIKAN ISLAM – FAKULTAS TARBIYAH DAN
KEGURUAN
UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
RESENSI
Judul : Pendidikan
Islam Terpadu
Reformulasi Pendidikan di Era
Global
Penulis : Mukodi, M.SI.
Penerbi : Aura Pustaka
Cetakan : Ke 2 November 2011
Harga : Rp. 20.000,-
Tebal : 169 halaman
E - mail : aura_pustaka@yahoo.com
PENDIDIKAN ISLAM
TERPADU
Pada zaman sekarang ini khususnya pada era global banyak sekali
kita jumpai instansi-instansi pendidikan yang sangat bagus yang sering kita
jumpai disepanjang lintasan kota, baik itu dari mulai sekolah Tingkat Dasar (SD),
Tingkat Menengah Pertama (SMP), sampai Tingkat Menengah Atas( SMA) dan itu jumlahnya
pun sudah tidak sedikit sudah banyak dan tersebar dimana-mana.
Namun diantara sekian banyak sekolah yang berdiri tegak disepanjang
lintasan kota, pada pendidikan di era global ini juga sudah banyak terdapat
sekolah-sekolah pendidikan islam terpadu yang berdiri disepanjang lintasan kota
dan sudah menjamur dimana-mana, dari mulai Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT), Sekolah
Menengah Islam Terpadu (SMPIT), sampai pada Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu
(SMAIT). Bahkan keterpaduan pandidikan islam pun sudah merambat pada tingkat
pendidikan perguruan tinggi, dan sekolah-sekolah islam terpadu ini bertujuan
untuk mencetak generasi-generasi penerus bangsa yang tidak hanya cerdas dalam
berintelektual dan kreatif tapi juga mencetak generasi-generasi yang religius
atau islami yang paham betul syariat-syariat islam dan juga dapat mengamalkannya
suatu hari nanti pada kehidupan bermasyakat berbangsa dan bernegara.
Pada era global ini pendidikan islam terpadu bukan sekedar manjadi
trend dan juga mode pilihan orang tua masa kini, tetapi esensi terdalam
darinya, adalah menyuguhkan model pendidikan islam alternatif. Dengan demikian
meretasnya pendidikan islam terpadu , baik berupa lembaga pendidikan formal,
maupun pendidikan nonformal merupakan ide brilian dan juga usaha kreatif anak
bangsa dalam menyikapi arus globalisasi.
Pendidikan islam terpadu pun sangat berperan penting dalam
pembinaan mental remaja atau generasi muda yang akhir-akhir ini menelan
fenomena dan gejala sosial masyarakat kita dari hari kehari yang tidak
berbudaya dan juga menyimpang dari tatanan syariat islam karena terbius oleh
propaganda sesat yang sengaja ditiupkan oleh kaum salibis, zionis dan juga
orentalis yang sengaja ingin merusak generasi-generasi muda bangsa indonesia
khususnya generasi muda umat islam, dengan berbagai produk, film, kebudayaan
yang mengumbar hawa nafsu yang berkiblat pada fatwa-fatwa setan.
Generasi muda adalah calon pemimpin-pemimpin dimasa yang akan
mendatang, oleh karena itu keberadaan mereka harus dipersiapkan sedini mungkin
mengenai pengetahuannya, agamanya, dan akhlaqnya supaya mereka menjadi generasi
yang cerdas, tangguh yang punya komitmen terhadap aqidahnya, agar tidak menjadi
generasi yang pengecut dan hanya menjadi
sampah masyarkat dikemudian hari. Sebab apabila mereka tidak dipersiapkan maka
jangan berharap bangsa indonesia dan juga agama ini akan maju dimasa akan
mendatang.
Oleh sebab itu mengingat betapa penting kependidikan islam terpadu
di era gliobal ini maka dibutuhkan upaya nyata dari manusia dewasa (para orang
tua dan masyarakat) untuk mewujudkannya. Dengan cara menciptakan pendidikan
anak yang islami mulai dari pendidikan usia dini dirumah, pendidikan formal
disekolah, hingga pendidikan informal dimasyarakat secara simultan.
Selanjutnya mengenai setiap karangan buku, khususnya karangan buku
Pendidikan Islam Terpadu ini pasti didalamnya ada kelebihannya dan ada juga
kekurangannya. Diantara kekurangannya itu adalah masih banyak menggunakan
kata-kata atau pun bahasa yang sering kali sulit dimengerti ataupun dipahami
oleh pembaca, khususnya pada sebagian orang tua, karena tidak semua orang tua
pernah mengenyam pendidikan khusunya pendidikan yang lebih tinggi dari mulai
Pendidikan Tingkat Menengah Atas apalagi sampai pada tingkat Pendidikan
Perguruan Tinggi.
Oleh karena itu, sebaiknya bahasa atau kata-kata yang digunakan
dalam buku ini lebih baik menggunakan kata-kata yang sederhana yang lebih mudah
dimengerti oleh semua kalangan dari mulai anak-anak, remaja, hingga tingkat
dewasa.
Mengenai kelebihan yang dimiliki buku ini adalah membuka jalan bagi
masyarakat khususnya bagi para orang tua untuk lebih mengetahui tentang
keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh keterpaduan pendidikan islam di era
globalisasi ini yang didalamnya sangat penting untuk pendidikan-pendidikan
generasi muda khususnya di negeri indonesia ini. Yang pastinya bertujuan untuk
memndidik para generasi yang lebih berintelektual, kreatif, berbudaya dan juga
tidak lepas dari nilai-nilai religius atau islami.
Semoga dengan hadirnya buku ini para pembaca bisa mencerna dengan
sebaik-baiknya tentang isi yang terkandung didalam buku ini dan juga tujuan
yang ingin dicapai oleh buku ini, mudah-mudahan dengan hadirnya buku ini pula
dapat memberikan pencerahan pada dunia pendidikan khususnya bagi generasi muda
penerus bangsa dinegeri indonesia .